Ciri Keluarga Harmonis dan Bahagia Menurut Islam

keluarga bahagia islam
Keluarga bahagia dan harmonis adalah tujuan utama setiap orang yang berkeluarga, akan tetapi kebahagiaan keluarga yang dimiliki terkadang tidak bertahan lama. Berkurang sedikit-demi sedikit. Sebagai salah satu tolak ukur yang dapat dijadikan ukuran apakah keluarga yang anda miliiki sudah bahagia dan harmonis apa belum. Berikut saya rangkumkan beberapa ciri keluarga harmonis menurut islam. 

Dalam agama islam disebutkan ciri-ciri keluarga bahagia dan harmonis adalah sebagai berikut:
  1. Membina keluarga dengan harapan mendapatkan keridhaan Allah SWT. Dimana Kedua belah pihak (suami istri) salin melengkapi dan menyempurnakan, memenuhi panggilan fitrah dan sunnah, menjalin persahabatan dan kasih sayang, serta meraih ketentraman dan ketenangan jasmani. Dalam menentukan standar jodoh keduanya hanya bertolak pada keimanan dan ketaqwaan.

  2. Konsisten terhadap tujuan pembentukan keluarga. Keharmonisan dalam rumah tangga hanya akan terwujud apabila kedua pasangan saling konsisten terhadap perjanjian yang telah mereka tetapkan bersama. Tujuan utama mereka adalah menuju jalan yang telah digariskan Allah dan mengharap ridha-Nya. Dalam segala tindakan mereka yang tertuju hanyalah Allah semata.

  3. Kenyamanan keluarga. keluarga harmonis selalu berupaya memelihara suasana yang penuh kasih sayang dan masing-masing anggotanya menjalankan peran secara sempurna. Lingkungan keluarga merupakan tempat untuk berteduh dan berlindung, tempat di mana perkembangan dan susah-senang di laluli bersama.

  4. Hubungan antar suami istri. Dalam hubungan rumah tangga yang harmonis dan seimbang suami-istri berupaya saling melengkapi dan menyempurnakan. Mereka menyatu dan ikut merasakan apa yang dirasakan anggota keluarga yang lain. Mereka saling mengobati, saling membahagiakan dan menyatukan langkah dan tujuan, keduanya menyiapkan sarana untuk mendekatkan diri pada Allah.

  5. Hubungan dengan anak. Anak merupakan karunia allah yang sangat berharga, Keluarga harmonis menganggap anak sebagai bagian darinya mereka membangun hubungan atas dasar penghormatan,penjagaan hak, pendidikan, bimbingan yang layak, pemurnian kasih sayang serta pengawasan akhlak dan prilaku anak.

  6. Duduk bersama. Keluarga harmonis selalu siap duduk bersama dan berbincang-bincang dengan anggota keluarganya, mereka senantiasa berupaya saling memahami dan menciptakan hubungan mesra. Islam mengajarkan agar yang tua menyayangi dan membimbing yang muda, dan yang muda menghormati dan mematuhi nasehat yang tua.

  7. Kerja sama dan saling membantu. Dalam kehidupan rumah tangga yang harmonis dan bahagia setiap anggota rumah tangga memiliki tugas tertentu, mereka bersatu untuk memikul beban bersama. Dalam bangunan ini nampak jelas persahabatan, saling tolong-menolong, kejujuran, saling mendukung dalam kebaikan, saling menjaga sisi rohani dan jasmani masing-masing.

  8. Upaya untuk kepentingan bersama. Dalam kehidupan keluarga yang harmonis mereka saling membahagiakan. Mereka saling berupaya untuk memenuhi keinginan dan mempertahankan selera pasangannya. Saling menjaga dan memperhatikan cara berhias dan berpakaian. Untuk kepentingan bersama mereka selalu bermusyawarah dan berkomunikasi untuk meminta pendapat, pada waktu anak telah mampu memahami masalah tersebut ia diikutkan dalam musyawarah tadi. 
Indikator-indikator keluarga harmonis menurut Islam adalah: 
  1. Kehidupan beragama dalam keluarga. Yaitu: (a). Segi keimanan, keislamandan keihsanannya. (b). Dari segi pengetahuan agama mereka memiliki semangat belajar, memahami, serta memperdalam ajaran agama, dan taat melaksanakan tuntunan akhlak mulia. (c). Saling memotivasi dan mendukung agar keluarga dapat berpendidikan.

  2. Kesehatan keluarga. Meliputi kesehatan anggota keluarga, lingkungan keluarga yang meliputi kesehatan jasmani dan rohani.

  3. Ekonomi keluarga. Terpenuhinya sandang, pangan, papan yang cukup, dan dapat mendapatkan dan mengelola nafkah dengan baik.

  4. Hubungan antar anggota keluarga yang harmonis. Saling mencintai,menyayangi, terbuka, menghormati, adil, saling membantu, saling percaya,saling bermusyawarah, dan saling memaafkan. Hubungan dengan kerabatdan tetangga harus juga terbentuk.

Keluarga merupakan sebuah karunia dari Allah. Maka jagalah rumah tangga dengan penuh kasih sayang, kerja sama dengan baik, selalu dibacakan Al-Qur’an dan dilantunkan dzikir, sholat dan puasa selalu ditegakkan, do’a dan kebutuhan kepada Allah selalu dipanjatkan, dengan menerapkan kesemuanya maka Allah akan memenuhi rumah tersebut dengan keberkahan. 

Tanggung jawab dalam menjaga keharmonisan dan kebahagian keluarga bukan hanya bagi kedua orang tua akan tetapi seluruh anggota keluarga yang ada didalamnya. Karena keluarga bahagia hanya akan terbentuk dengan adanya kerjasama yang baik dari semua anggota keluarga. Bagi teman yang ingin mengetahui lebih banyak informasi, tips dan trik yang berhubungan dengan keluarga anda bisa mengunjugi  musbudi.blogspot.com

3 Responses to "Ciri Keluarga Harmonis dan Bahagia Menurut Islam"

  1. Thanks infonya. Oiya ngomongin keluarga, ternyata ada loh beberapa cara yang bisa dilakukan agar keluarga sukses dalam hal keuangan. Mau tau caranya? Yuk cek di sini: Tips agar keluarga sukses finansial

    BalasHapus
  2. Hello Kami Ingin Mengajak Anda.
    Mencoba Bermain 9 Game Terbaik Dengan Winrate Tertinggi 100% Di Jamin.

    Daftar Disini : MejaQQ

    Klik Disini : QQ Online
    Daftar Disini : SahabatQQ
    Daftar Disini : Sahabat Poker
    Daftar Disini : JaguarQQ
    Daftar Disini : NagaQQ
    Daftar Disini : CrownQQ
    Daftar Disini : TiketQQ
    Daftar Disini : Raja BandarQ
    Daftar Disini : Sahabat Kartu
    Daftar Disini : Sahabat Domino

    BalasHapus

Tolong berkomentar dengan sopan dan berhubungan dengan artikel yang ada. Komentar yang mengarah pada tindakan spam akan di hapus atau terjaring secara otomatis oleh spam filter

Diberdayakan oleh Blogger.